Perancangan Video Campaign Berbasis CGI sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness pada Perusahaan Properti

Authors

  • Yahya Aladdin Universitas Catur Insan Cendekia
  • Kusnadi Kusnadi Universitas Catur Insan Cendekia
  • Rifqi Fahrudin Universitas Catur Insan Cendekia

DOI:

https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i4.346

Keywords:

Design Thinking, Video Campaign, 3D

Abstract

A campaign is a method for promoting products, but it does not do so directly. This study aims to create a campaign designed to enhance awareness through engaging video content. Prospective customers will be directed to more detailed product information on the Grand Taman Anggrek Suci website. Therefore, the campaign is designed to be both attractive and brief, to capture attention quickly. The goal is to help boost sales for Grand Taman Anggrek Suci. Additionally, this research focuses on problem-solving with a human-centered approach and requires innovative thinking. The research methodology used is Design Thinking, first introduced by John E. Arnold. The reference book for this research is Design Thinking for Strategic Innovation by Idris Moote (2013). The study utilizes several software tools, including 3D Blender and Adobe Premiere, to ensure the video achieves optimal and desired results. The final deliverables of this research include the Video Campaign and an Instagram account for its publication.

References

Agribisnis Universitas Medan Area. (2023). Fungsi Tagline Untuk Bisnis. URL. https://agribisnis.uma.ac.id/2023/04/01/fungsi-tagline-untuk-bisnis/#:~:text=Fungsi%20Tagline%20Untuk%20Bisnis%20%E2%80%93%20Tagline,mempromosikan%20sebuah%20brand%20secara%20tepat. (diakses pada 17 April 2024).

Anggraini S., Lia dan Kirana Nathalia. 2014. Desain Komunikasi Visual; Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula. Bandung : Nuansa Cendekia

Annur, Mutia, Cindy.(2023), Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia, URL. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia (diakses pada 24 februari 2024)

Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Belch, George. E., Belch, Michael.A.(2003). Advertising and Promotion, 6th Edition. New York: The Graw - Hill Companies

Cahyadi C., I. Rendy. (2022). Perancangan video campaign clenore pictura untuk

climb,submit. (2018). Download Font Gratis Untuk Desain Grafis – Font Modern Gratis. URL. https://submitclimb.com/download-font-gratis-untuk-desain-grafis/

Earn,Stick, (2024), Apa Itu Soft Selling dan Contohnya dalam Iklan?, URL. https://stickearn.com/insights/blog/soft-selling-adalah (diakses pada 25 februari 2024)

I. Dewi., P. Suhadi, R. Ine, Kusnadi, dkk. (2022) Perancangan video alur pelayanan puskesmas drajat cirebon sebagai informasi layanan pengunjung puskesmas. Cirebon

Jakarta School of Photography. (2022). Pengertian Dan Teknik Videografi. URL. https://jsp.co.id/pengertian-dan-teknik-videografi/ . (Diakses pada 17 April 2024).

Market, Kreator. (2023). Video Editing: Kenali Pengertian Editing Video & Aplikasinya. URL. https://kreatormarket.id/article/video-editing-learn-about-video-editing-its-applications . (Diakses pada 17 April 2024).

Mekari, Qontak, (2023), Campaign Adalah Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya, URL. https://qontak.com/blog/campaign-adalah/ (diakses pada 24 Februari 2024)

menampilkan personal branding dan brand value. Surabaya. Universitas Ciputra

Mootee, Idris. (2013). Design thinking for strategic innovation. Hoboken (New Jersey): John Wiley & Sons.

Novita D., Yuliani N., Herwanto A. (2023). Meningkatkan brand awareness menggunakan tiktok for business. Jakarta. Unwahas

Parman, S., Fahrudin, R., Lesmana, M. A., & Putra, P. S. (2023). Penggunaan Teknologi augmented reality untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Dalam pemasaran produk real estate. Jurnal Digit, 13(2), 189. https://doi.org/10.51920/jd.v13i2.354

R. Syaipul, Kurhi M., (2021). Media promosi pada campaign produk pt wellcomm dengan teknik seamless transitions dalam video motion graphic. Jurnal Tren Bisnis Global. Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Rukmanah, D. Yuni F., Ema. (2023). Komunikasi pemasaran digital campaign whatsapp blast di pt. telkomsel branch karawang dalam menarik minat konsumen. Karawang. Zenodo.

Schenk, Sonja. 2011. The Digital Filmmaking Handbook (4th ed.). Boston, USA.

Snyder, Leslie B. 2002. Development Communication Campaigns, dalam: Gudykunst, William B. dan Bella Mody (eds). 2002. Handbook of International and Intercultural Communication. California: Sage.

Agribisnis Universitas Medan Area. (2023). Fungsi Tagline Untuk Bisnis. URL. https://agribisnis.uma.ac.id/2023/04/01/fungsi-tagline-untuk-bisnis/#:~:text=Fungsi%20Tagline%20Untuk%20Bisnis%20%E2%80%93%20Tagline,mempromosikan%20sebuah%20brand%20secara%20tepat. (diakses pada 17 April 2024).

Anggraini S., Lia dan Kirana Nathalia. 2014. Desain Komunikasi Visual; Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula. Bandung : Nuansa Cendekia

Annur, Mutia, Cindy.(2023), Indonesia Jadi Negara dengan Pengguna Instagram Terbanyak ke-4 di Dunia, URL. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/indonesia-jadi-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-ke-4-di-dunia (diakses pada 24 februari 2024)

Arief S. Sadiman, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Belch, George. E., Belch, Michael.A.(2003). Advertising and Promotion, 6th Edition. New York: The Graw - Hill Companies

Cahyadi C., I. Rendy. (2022). Perancangan video campaign clenore pictura untuk

climb,submit. (2018). Download Font Gratis Untuk Desain Grafis – Font Modern Gratis. URL. https://submitclimb.com/download-font-gratis-untuk-desain-grafis/

Earn,Stick, (2024), Apa Itu Soft Selling dan Contohnya dalam Iklan?, URL. https://stickearn.com/insights/blog/soft-selling-adalah (diakses pada 25 februari 2024)

I. Dewi., P. Suhadi, R. Ine, Kusnadi, dkk. (2022) Perancangan video alur pelayanan puskesmas drajat cirebon sebagai informasi layanan pengunjung puskesmas. Cirebon

Jakarta School of Photography. (2022). Pengertian Dan Teknik Videografi. URL. https://jsp.co.id/pengertian-dan-teknik-videografi/ . (Diakses pada 17 April 2024).

Market, Kreator. (2023). Video Editing: Kenali Pengertian Editing Video & Aplikasinya. URL. https://kreatormarket.id/article/video-editing-learn-about-video-editing-its-applications . (Diakses pada 17 April 2024).

Mekari, Qontak, (2023), Campaign Adalah Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya, URL. https://qontak.com/blog/campaign-adalah/ (diakses pada 24 Februari 2024)

menampilkan personal branding dan brand value. Surabaya. Universitas Ciputra

Mootee, Idris. (2013). Design thinking for strategic innovation. Hoboken (New Jersey): John Wiley & Sons.

Novita D., Yuliani N., Herwanto A. (2023). Meningkatkan brand awareness menggunakan tiktok for business. Jakarta. Unwahas

Parman, S., Fahrudin, R., Lesmana, M. A., & Putra, P. S. (2023). Penggunaan Teknologi augmented reality untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Dalam pemasaran produk real estate. Jurnal Digit, 13(2), 189. https://doi.org/10.51920/jd.v13i2.354

R. Syaipul, Kurhi M., (2021). Media promosi pada campaign produk pt wellcomm dengan teknik seamless transitions dalam video motion graphic. Jurnal Tren Bisnis Global. Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Rukmanah, D. Yuni F., Ema. (2023). Komunikasi pemasaran digital campaign whatsapp blast di pt. telkomsel branch karawang dalam menarik minat konsumen. Karawang. Zenodo.

Schenk, Sonja. 2011. The Digital Filmmaking Handbook (4th ed.). Boston, USA.

Snyder, Leslie B. 2002. Development Communication Campaigns, dalam: Gudykunst, William B. dan Bella Mody (eds). 2002. Handbook of International and Intercultural Communication. California: Sage.

Published

2024-10-01

How to Cite

Yahya Aladdin, Kusnadi Kusnadi, & Rifqi Fahrudin. (2024). Perancangan Video Campaign Berbasis CGI sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness pada Perusahaan Properti. Realisasi : Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain, 1(4), 173–196. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i4.346

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.