Pengembangan LKPD Statistika Berbasis Problem Solving Di Kelas VIII SMP

Authors

  • Malalina Universitas Tamansiswa Palembang
  • Rika Firma Yenni Universitas Tamansiswa Palembang
  • Angel Santri Universitas Tamansiswa Palembang

DOI:

https://doi.org/10.62383/realisasi.v2i3.700

Keywords:

LKPD, Statistika, Problem Solving

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan proses dan hasil pengembangan LKPD berbasis Problem Solving pada materi Statistika yang valid serta mengetahui respon peserta didik terhadap kepraktisan LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analisis (Analyze), Rancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Bina Tama Palembang sebanyak 20 orang. Data Penelitian terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari tahap validasi produk berupa saran, kritikan, masukan dan tanggapan dari tim ahli materi dan desain, yang digunakan untuk memperbaiki LKPD. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian validator, pendidik dan peserta didik sebagai responden. Data kuantitatif ini didasarkan pada angket respon yang diberikan pada tahap uji perorangan dan uji coba kelompok kecil. Teknik Pengumpulan Data menggunakan instrumen data berupa angket dan tes. Teknik Analisis Data digunakan untuk mengolah data menjadi sebuah informasi, sehingga dapat digunakan untuk aspek yang dipenuhi dalam LKPD baik dari segi kevalidan dan kepraktisan. Berdasarkan hasil uji kevalidan oleh ahli instrumen, ahli materi dan ahli desain, uji kepraktisan oleh peserta didik, maka LKPD berbasis Problem Solving tergolong sangat baik, sehingga disimpulkan bahwa LKPD berbasis Problem Solving valid dan praktis.

References

Arnidha, Y ., & Noerhasmalina, N. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Matematika. e-DuMath : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 46-51.

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.

Elita, G. S., dkk. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.

Hamdani. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia.

Kosasih. (2021). pengembangan bahan ajar. Jakarta: Bumi Aksara

Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nasution, C. W., & Manullang, D. (2018). Kedudukan Metode Pengajaran dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 2018, 684-692.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM.

Oktavia, W., & Harjono, H. S. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi di Kelas VII SMP Negeri 22 Kota Jambi. Pena :Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 9(2), 16-30.

Polya, G. (1985). How to Solve It . A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed). New Jersey: Princeton University Press.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan : E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM : Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 6(1), 131-140.

Rasmin, Sudia, M., & Kadir. (2017). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 3(2), 85-95.

Rusdi, M. (2018). Penelitian Desain dan Pengembangan Kependidikan (Konsep, Prosedur, dan Sintesis Pengetahuan Baru). Depok : PT Raja Grafindo Persada.

Salsabilla, I., & Hidayati, Y. M. (2021). Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V dalam Menyelesaikan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS). JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 92-107.

Sanjaya, W. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sari, S. K. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis IT Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas VIII SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 290-304.

Spiegel, Murray R. (1981). Theory and Problems of Complex Variables, Supplementary Problem, Polynomial Equations. SI (Metric) Edition. New York : Schaum’s Outline Series.

Supriadie, D., & Darmawan, D. (2013). Komunikasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana.

Zuhairini. 1997. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi

Downloads

Published

2025-06-23

How to Cite

Malalina, Firma Yenni, R., & Santri, A. (2025). Pengembangan LKPD Statistika Berbasis Problem Solving Di Kelas VIII SMP. Realisasi : Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain, 2(3), 89–100. https://doi.org/10.62383/realisasi.v2i3.700

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.