Pengaruh Terpaan, Efektivitas dan Kualitas Konten terhadap Pemenuhan Kebutuhan Hiburan Pada Youtube Windah Basudara
DOI:
https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i4.342Keywords:
Effectiveness, Quality, Exposure, Windah Basudara, YouTubeAbstract
YouTube Windah Basudara is a YouTube channel that provides entertainment content. This study aims to determine the influence of exposure, effectiveness, and quality of Windah Basudara's YouTube content on fulfilling entertainment needs. This research uses a quantitative approach with a positivist paradigm, where the sample is taken using purposive sampling with a total sample of 400 respondents obtained from calculations using the Slovin formula. The population in this study consists of subscribers of the Windah Basudara YouTube channel. This study employs the Uses and Gratifications theory. Elements of satisfaction include the influence of exposure, effectiveness, quality, and the fulfillment of entertainment needs. The utility is the subscribers of the Windah Basudara YouTube channel. The results of this study indicate that there is an influence of exposure, effectiveness, and quality on the fulfillment of subscribers' entertainment needs. The better the exposure, effectiveness, and quality of the content, the more the entertainment needs are fulfilled. This shows that the results of this study are relevant to the Uses and Gratifications theory, where when an individual obtains satisfaction, a response is formed.
References
A., Morissan M., dkk. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana
Arikunto, S. 2002. Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ambar Fauji. 2020. Pengaruh Terpaan Channel youtube Rian TV terhadap Sikap Menonton Subcriber. Penulisan Ilmiah pada program strata satu Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma. Depok.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyila Chairunnisa. 2023. Pengaruh Terpaan Media dan Kredibilitas Social Media Influencer Channel Youtube Ria SW Terhadap Sikap Menonton Subscriber. Skripsi pada Program Studi strata satu Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma.
Budiargo, D. 2015. Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: Kompas Gramedia.
Cangara, Hafied. 2010. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.
Cangara, Hafied. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers
Damayanti, C. N., Dunan, A., & Karman. 2021. Pengaruh Terpaan Media dan Kredibilitas Tuan Rumah (Host) Terhadap Minat Politik Generasi Z. Skripsi pada Program Studi strata satu Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma.
Daryanto. 2014. Teori Komunikasi. Malang: Penerbit Gunung Samudera.
Data Reportal. 2024. Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2024. Diakses pada tanggal 20 April 2024, pukul 23.00 dari https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia.
Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Effendy, Onong Uchyana. 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Fauzi. 2023. Pengaruh Terpaan Program Acara Mata Najwa dan Kredibilitas Sumber Terhadap Minat Berpolitik Generasi Z. Skripsi pada Program Studi strata satu Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma.
Firmansyah. 2024 “Pengaruh Kredibilitas dan Terpaan Konten Akun Youtube Gofar Hilman #Sekutotomotif Terhadap Kebutuhan Informasi Pada Subscriber”. Skripsi pada program strata satu Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma. Depok.
Faizal. 2024. “Pengaruh Terpaan Tayangan Akun Youtube Taulany TV Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Hiburan Subscriber”. Skripsi pada program strata satu Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma. Depok.
Fitriansyah, Fifit. 2018. Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial Dalam Membentuk Perilaku Remaja). Jurnal Humaniora. Vol. 18 No. 2.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, U., & Jauhari, K. D. 2019. Pengaruh Terpaan Media terhadap Partisipasi Politik dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. ASPIKOM, 4, 45–59.
Hasanah. 2020. Perkembangan Instrumen Miskonsepsi Berbasis Google Forms Pada Materi Usaha dan Energi Menggunakan Four Tier Test. Skripsi pada program strata satu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negri Raden Intan. Lampung.
Hu, X. 2015. Assessing source credibility on social media- An electronic word-of-mouth communication perspective. Ohio: Bowling Green State University.
Hootsuite. 2024. Diakses pada 18 Mei 2024 pukul 22.00 dari https://blog.hootsuite.com/Instagram-demoghraphics/
Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali Pers.
Iwan Satibi. 2011. Teknik Penulisan Skripsi, Tesis & Disertasi. Bandung: Ceplas.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Kencana.
Larasati V, Oktivera E. 2019. Media Sosial Instagram Berpengaruh Terhadap Minat. Beli Produk Wardah. Jurnal Administrasi Kantor. 7 (1): 31-40.
Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. 2014. Theories of Human Communication. Salemba Humanika.
Marcellino. 2020. Pengaruh Terpaan dan Kredibilitas Social Media Influencer Terhadap Minat Berinvestasi (Studi pada Channel Youtube Timothy Ronald). Program Studei strata satu Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma.
Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Moelong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munawwaroh. 2018. Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram @Eksploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata Ke Siak Sri Indrapura. JOM FISIP, Vol. 5, No. 1.
Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media
Neuman, W. Lawrence. 2003. Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Boston: Allyn and Bacon.
Pangestu. 2020. Film Sexy Killers Dan Dampak Media (Analisis Teori Stimulus Respon). Skripsi pada program strata satu Fakultas Ilmu Sosial FIS UIN SU. Tesis pada program Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Medan.
Priyanto. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Rahmawati, Alni., dan Fauziah Fajarwati. 2014. Statistika, Teori, dan Praktek. Edisi ke-2. Fakultas Ekonomi Manajemen. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Rakhmat, Jalaluddin. 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ratnasari, E., & Oktaviani, F. D. 2019. A Phenomenological Study of Instagram Fasting on Millennial. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 4(2), 191–218.
Rohim, Syaiful. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Rokhim, A. 2022. Pengaruh Terpaan Konten @ngertisaham terhadap Minat Anak Muda Berinvestasi Saham di Pasar Modal (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Sanjaya, Wina. 2015. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Saptutyningsih, E., dan Esty Setyaningrum. 2019. Penelitian Kuantitatif Metode dan Alat Analisis. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Setiawan, Budi. 2015. Teknik Hitung Manual Analisis Regresi Linier Berganda Dua Variabel Bebas. Bogor.
Shofiatun Nisa. 2024. Pengaruh Media Sosial Instagram Akun @Narasinewsroom Terhadap Minat Partisipasi Politik Generasi Z .Penulisan Ilmiah pada program strata satu Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Gunadarma. Depok
Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
Tusan, Angga Rakadiwak., Ido Prijana Hadi., dan Daniel Budiana. 2019. Pengaruh Terpaan Media Terhadap Sikap Masyarakat Surabaya Pada Program Religi “Kata Ustadz Solmed” Di SCTV. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra Surabaya Vol. 7 No. 1.
We Are Social and Hootsuite. 2024. Diakses pada 18 Mei 2024 pukul 22.36 WIB, https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/
Youtube.com. kanal Windah Basudara. Diakses pada 06 Juni 2024. https://www.youtube.com/@WindahBasudara
Zahara, Widya Fauziah. 2019. Pengaruh Terpaan Drama Serial Korea Pada Aplikasi Viu Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Hiburan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Skripsi pada Program Studi strata satu Departemen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Medan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Filosofi : Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.