Integrasi Pelatihan Pojok Seni dan Aplikasi Digital dalam Meningkatkan Kualitas Masyarakat Gunung Anyar Tambak Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i4.383Keywords:
Art Dance, Digital App, TrainingAbstract
The art corner and digital application training in Gunung Anyar Tambak, Surabaya, aims to improve the quality of life of the community through creativity and skills development. This study analyzes the impact of the training program on community participation, social welfare improvement, and contribution to creativity development. The research method used is a qualitative approach by conducting interviews to identify community satisfaction during training, and then conducting interviews with dance training students in depth to explore the potential of students after attending dance training. The results showed that the program succeeded in increasing community interest and participation in arts activities, and had a positive impact on social and economic aspects. This training activity has an impact on increasing the motivation and ability of the community in the use of technology in the current era. Through a training program that involves the active participation of the community, this research analyzes the impact of the program on increasing the sense of belonging to local culture, creative economic development, and the formation of stronger social networks.
References
Adawiyah, A. R., & Nurbaeti, R. U. (2023). Pelatihan tari kreasi sebagai bentuk apresiasi seni tari. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(2), 150-156.
Adi, B. S., & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33-39.
Ardiyansyah, R., & Warmana, G. O. (2024). Ciptakan pendidikan nyaman: CSR PLN Peduli berikan edukasi konkret pencegahan bullying sejak usia dini pada sekolah sungai Gunung Anyar. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 104-118.
Handayani, A. N., & Nurbaeti, R. U. (2022). Pelatihan tari untuk membentuk karakter bagi peserta didik SD Negeri Kedunguter 03. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(2), 138-145.
Hikmah, S. N., Nurdiyana, T., & Indriyani, P. D. (2024). Pelatihan digitalisasi seni tari kolaboratif: Strategi peningkatan ekonomi kreatif bagi kelompok seni Transi Muda Desa Dandajaya, Barito Kuala, Kalimantan Selatan. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 95-100.
Khaironi, M., & Ramdhani, S. (2017). Pendidikan karakter anak usia dini. Jurnal Golden Age, 1(2), 82-89.
Lestari, N. W. R., & Gunada, I. W. A. (2021). Pelatihan seni tari pada siswa pasraman sebagai bentuk transformasi kebudayaan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 280-285.
Lestariningrum, A., Sari, A. T. R., & Khan, R. I. (2022). Pelatihan gerak tari berbasis kearifan lokal untuk anak usia dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, 2(2), 56-61.
Nurkarimah, D. H. (2017). Peranan Pojok Seni Tarbiyah (POSTAR) dalam mempertahankan eksistensi budaya daerah di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Bachelor's thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Prasanti, D., & Fitriani, D. R. (2018). Pembentukan karakter anak usia dini: Keluarga, sekolah, dan komunitas? (Studi kualitatif tentang pembentukan karakter anak usia dini melalui keluarga, sekolah, dan komunitas). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 13-19.
Puspitasari, D., Pertiwi, D., & Putrihadi, M. E. (2023). Peningkatan kualitas layanan sekolah sungai Mangrove Gunung Anyar Surabaya melalui pengabdian masyarakat. Jurnal Abdi Insani.
Rasyid, Z. A. S., & Warmana, G. O. (2024). Pendampingan dan pengembangan dalam menumbuhkan kesadaran akan lingkungan sehat di sekolah sungai Gunung Anyar melalui program CSR PLN Peduli. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 98-103.
Sumarni, S., Prayitno, A. T., Syafari, R., Farhah, N., & Muparihah, L. (2024). Pelatihan penulisan artikel ilmiah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat bagi mahasiswa di Kabupaten Indramayu. Jurnal Pengabdian Sains dan Humaniora, 3(1), 32-44.
Tyas, R. W., & Widyasari, C. (2023). Permainan tradisional dalam mengembangkan karakter kerjasama anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 508-516.
Utomo, A. C., Widyawati, L., Supyanti, R., Guntur, N., Dhita, L. A. A., Rahmadhanti, A., ... & Marwan, M. (2020). Pengenalan kebudayaan tradisional melalui pendidikan seni tari pada anak usia dini di BA Aisyiyah Ngadirejo, Sukoharjo. Buletin KKN Pendidikan, 1(2), 77-82.
Widiya, A., Hartati, L., Puspitawati, L., Gantino, R., & Ilyas, M. (2021). Pelatihan kepada masyarakat dalam menjaga makna kearifan lokal, nilai sejarah, dan adat khas tradisional masyarakat Melayu peninggalan kerajaan Sriwijaya. Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(4), 193-201.
Zulkarnain, F. N., & Warmana, G. O. (2024). Pengimplementasian pendidikan karakter mengenai kepedulian lingkungan pada sekolah sungai di Gunung Anyar. ASPIRASI: Publikasi Hasil Pengabdian dan Kegiatan Masyarakat, 2(1), 106-113.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Realisasi : Ilmu Pendidikan, Seni Rupa dan Desain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.