Brand Experience Melalui Fitur Keynote dalam Mempromosikan Iphone 15

Authors

  • Ghina Fitriyana Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Agus Hermanto Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i4.335

Keywords:

Brand Experience, Keynote, Iphone 15

Abstract

This research explores how the features of Apple's Keynote presentation influence the brand experience for the iPhone 15. The primary focus is on how the visual, narrative, and design elements in Keynote play a role in shaping consumers' sensations, feelings, thoughts, actions, and relationships with the brand. Using a qualitative approach, the study analyzes how sensory elements presented through animations and graphics enrich the consumer experience, and how touching narratives create a deep emotional connection. Additionally, the research evaluates how clear and engaging information delivery shapes consumer perceptions of the product, driving purchasing decisions and product recommendations. Interviews with key informants and consumers reveal that Keynote is effective in reinforcing brand loyalty and deepening emotional connections with consumers. A well-integrated presentation not only enhances consumer engagement but also strengthens their personal bond with the iPhone 15 brand. These findings offer valuable insights into how presentation features can be leveraged to create a positive and lasting brand experience.

References

Alfiandana. (2023). Strategi marketing Apple yang bikin iPhone berkelas dan laku keras. Voi.Id.

Fadillah, T. (2018). Strategi komunikasi pemasaran Cafe Papistar melalui media sosial Instagram. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Firmansyah, D. W. (2019). Analisis strategi komunikasi pemasaran media sosial melalui brand ambassador pada Cakekinian. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 1–10.

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi pemasaran. Cv. Penerbit Qiara Media.

Hardani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Sukmana, D. J., & Aulia, N. (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif (Issue March). Cv. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.

Hermawan, A. (2012). Komunikasi pemasaran. Erlangga.

Keller, K. L., & Kotler, P. (2016). Manajemen pemasaran (Edisi ke-15). Jakarta: Erlangga.

Koderi. (2014). Pembelajaran bahasa Arab berbasis media iPad (I-Learning). Al Bayan, 6(2), 18. http://ejpurnal.radenintan.ac.id/index.php/albayan/article/view/551

Kurniawan, R., Henderi, H., & Nursetianingsih, F. (2012). Penggunaan iPad mendukung pembelajaran pada mahasiswa I-learning. CCIT Journal, 6(1), 76–91. https://doi.org/10.33050/ccit.v6i1.380

Kuspriyono, T. (2020). Analisis comparative promotion iklan iPhone dalam teori semiotika. Analisis Comparative Promotion Iklan iPhone, 20(1), 39–44.

Latupeirissa, A. (2020). Analisis brand experience, brand attitude, dan brand loyalty terhadap penjualan smartphone Oppo di Sidoarjo. Universitas Bhayangkara Surabaya.

Lenaerts, S. (2019). Apakah Apple Keynote itu? Envato Tuts+.

Milawati, S. (2020). Audit komunikasi program kampanye anti narkoba (studi kasus pada Polsek Kecamatan Mangarabombang Kabupaten Takalar) (Vol. 21, Issue 1). Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nazara, D. S. (2021). Periklanan terhadap volume penjualan pada Toko Tricomsel Gunungsitoli. Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 9(3), 1386–1401. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35613/33336

Ningsih, N. S. (2021). Komunikasi pemasaran pada akun Instagram @Kita_Center dalam mempromosikan produk. http://repository.uin-suska.ac.id/48544/

Ningsih, W., & Kusumahadi, K. (2020). Promosi melalui media sosial Instagram terhadap keputusan pembelian produk iPhone di kalangan mahasiswa Universitas Telkom. E-Proceeding of Management, 7(2), 72–81.

Nur, M. I. (2019). Analisis peranan promosi dalam menunjang keberhasilan penjualan pada PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Cabang Gowa Sungguminasa. Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Nuraeni, Darmawan, A., & Nugraha, D. A. (2020). Studi efektivitas sosialisasi proyek pembangunan pelabuhan Patimban dan penerimaannya oleh masyarakat. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 6(1), 390–398.

Petrov, D. (2023). Strategi Apple untuk menjual iPhone 15 Pro Max yang mahal kepada Anda berhasil. Phone Area.

Rahayu, D. W. S. (2019). Memikat hatiitas promosi dalam penguatan penjualan produk kosmetik di Kota Blitar. Akuntabilitas: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Ekonomi, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.35457/akuntabilitas.v12i1.754

Rahman, A., Widarko, A., & Farida, E. (2021). Kualitas produk, citra merek, dan promosi terhadap minat beli iPhone (studi pada mahasiswa di Kota Malang). Jurnal Riset Manajemen, 12(01), 775–784.

Ratno, F. A. (2017). Promotional mix terhadap keputusan mahasiswa memilih Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen & Bisnis, 18(3), 177–190.

Semuel, H., & Putra, R. S. (2018). Brand experience, brand commitment, dan brand loyalty pengguna Apple iPhone di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 69–76. https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.69-76

Siauta, M. A. (2017). Citra merek, inovasi, kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada smartphone iPhone (studi kasus pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., Sukanteri, N. P., Gheta, A. P. K., Wardhana, A., Nugraha, K. S. W., Hendrayani, E., Susanto, P. C., Primasanti, Y., & Ulfah, M. (2022). Brand marketing: The art of branding. In Media Sains Indonesia (p. 218). Cv. Media Sains Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & B. Cv Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. In Metode penelitian. Alfabeta.

Tasruddin, R. (2015). Strategi promosi periklanan yang memikat hati. Jurnal Al-Khitabah, 2(1), 107–116.

Teniwut, M. (2022). Pengertian promosi, tujuan, dan contoh. Media Indonesia.

Uluwiyah, A. N. (2022). Strategi bauran promosi (promotional mix) dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat. In Multi Pustaka Utama (Edisi Pert). Cv Multi Pustaka Utama.

Wahyudi, I. M., Mukti, A. H., & Purba, A. E. (2019). Bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian dengan variabel intervening kepuasan pelanggan (studi komparasi smartphone Samsung dan iPhone Apple di Kecamatan Selat, Provinsi Bali). Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal, dan UMKM, 2(2), 29–37.

Windusara, D. B. N., & Kusuma, A. A. (2015). Bauran promosi terhadap keputusan pembelian Oppo smartphone. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(12), 243–300.

Wisnu. (2022). Advertising: Pengertian, jenis-jenis, fungsi, manfaat. Myrobin.Id.

Zuhroh, N. (2017). Brand experience terhadap brand loyalty pada penggunaan produk kosmetik lip cream merek Pixy (studi kasus pada mahasiswi FEB UMPRI). Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung.

Published

2024-09-23

How to Cite

Ghina Fitriyana, & Agus Hermanto. (2024). Brand Experience Melalui Fitur Keynote dalam Mempromosikan Iphone 15. Filosofi : Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(4), 82–95. https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i4.335

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.