Analisis Framing Komunikasi Politik Jokowi tentang Indonesia Emas 2045 di Media Online detik.com dan Kompas

Authors

  • Bintang Ramadhan Universitas Bina Bangsa
  • Arfian Suryasuciramdhan Universitas Bina Bangsa, Serang
  • Deden Deden Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i3.151

Keywords:

Election, Politics, Candidate

Abstract

Elections are a voting process carried out by voting by all Indonesian people every 5 years. Elections in 2024 will be held simultaneously to elect legislative candidates such as the DPR and executive candidates such as the President and Vice President. In the 2024 election period, during the ongoing process there was political involvement carried out by the 7th President of the Republic of Indonesia, namely Joko Widodo. Because the Candidate Pairs (Paslon) involved have a close relationship with Jokowi. In order to achieve Indonesia's target as a developed country and achieve Golden Indonesia 2045, targets must be achieved. Therefore, determining the next leader is very important in order to lead Indonesia to become a developed country.

References

Alfiyani, N. (2018). Media sosial sebagai strategi komunikasi politik.

Cahyarani, V. D., & Iskandar, D. (2021). Penerapan citizen journalism dalam pemberitaan lingkungan hidup di media online. Jurnal Riset Jurnalistik dan Media Digital, 71–78.

Fikri, M. H. (2022). Gaya komunikasi politik Megawati Soekarno Putri. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, Jurnal Potret Pemikiran.

Firlana, M. A., & Maarif, B. (2023). Menuju Indonesia Emas 2045: Jokowi tekankan pentingnya infrastruktur dan pendidikan. Diunduh pada tanggal 04 Juni 2024, dari https://money.kompas.com/read/2023/10/31/111125126/meninjau-kualitas-pendidikan-menuju-indonesia-emas-2045?page=all

Firlana, M. A., & Maarif, B. (2023). Menuju Indonesia Emas 2045: Jokowi tekankan pentingnya infrastruktur dan pendidikan. Diunduh pada tanggal 04 Juni 2024, dari https://money.kompas.com/read/2023/10/31/111125126/meninjau-kualitas-pendidikan-menuju-indonesia-emas-2045?page=all

Hasdiana, Hadjaratie Llylan, Masaong, A., & Kadim. (2023). Mempersiapkan generasi emas Indonesia 2045 menghadapi bonus demografi melalui pembelajaran berbasis kreativitas. Pengertian Indonesia Emas 2045.

Kamal, U. S., & Sadri. (2023). Komunikasi politik Megawati Soekarnoputri terhadap kepemimpinan Jokowi dalam pemberitaan Metro TV. Jurnal Pemerintahan dan Politik Islam.

Lumbanrau, R. E. (2024). Pilpres 2024: ‘Jokowi minta bertemu Megawati‘, mungkinkah mereka akan berkoalisi di putaran kedua?

Ramadhan, K., & Hendra, S. (2023). Analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(8), 300–312.

Rifaldo, A. (2023). Jokowi paparkan visi Indonesia Emas 2045 di hadapan para pengusaha. Diunduh pada tanggal 04 Juni 2024, dari https://www.detik.com/tag/visi-indonesia-2045

Risnain, M., & SH, M. (2023). Pengantar hukum internasional: Pendekatan kemahiran hukum, etika hukum, hukum dan gender, serta hukum dalam konteks lokal. Prenada Media.

Suwiknyo, E. S., Kurnianto, S. E., & Zacky, A. H. M. (2024). Dalam bayang-bayang maskulinitas: Studi kasus branding politik Prabowo Subianto. Jurnal Komunikasi Profesional.

Published

2024-06-06

How to Cite

Bintang Ramadhan, Arfian Suryasuciramdhan, & Deden Deden. (2024). Analisis Framing Komunikasi Politik Jokowi tentang Indonesia Emas 2045 di Media Online detik.com dan Kompas. Filosofi : Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(3), 66–74. https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i3.151

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.