Pendampingan Dalam Mengenalkan Kosa Kata Bahasa Arab Terhadap Anak-anak di Desa Cempaka Mulia Barat Melalui Pojok Litrasi Islami Program Mahasiswa KKN.

Authors

  • Rendy Adrian FTIK IAIN Palangka Raya
  • Emia Sentiya FTIK IAIN Palangka Raya
  • Rosiana Latifah FTIK IAIN Palangka Raya
  • Vina Rahmawati FTIK IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.62383/ekspresi.v1i4.360

Keywords:

Community Service, Vocabulary, Arabic, Tutoring, KKN

Abstract

This service aims to provide guidance in introducing Arabic vocabulary (mufrodat) to children in Cempaka Mulia Barat Village through the KKN Islamic Literacy Corner program. The method applied is descriptive qualitative. Activities began with observation, coordinating with the village and school, preparing facilities and infrastructure, conducting pretests, carrying out mentoring, and holding posttests. The mentoring was carried out using the reading, writing and memorization method for number vocabulary, and using the singing method for vocabulary related to places. The results showed that the children were very enthusiastic and motivated in learning Arabic vocabulary in preparation for continuing their education to a higher level.

References

Aluwi, A. M., & Ghani, M. T. A. (2023). Penguasaan kosa kata terhadap penulisan bahasa Arab dalam kalangan pelajar sekolah menengah agama Khairiah: Kajian daripada perspektif guru. Sains Insani. https://sainsinsani.usim.edu.my/index.php/sainsinsani/article/view/573

Aman, A. A., & Baharudin, H. (2019). Amalan pedagogi jurulatih utama bahasa Arab dalam pengajaran kosa kata peringkat sekolah kebangsaan di negeri Melaka: Pedagogical practices of main. Global Journal Al-Thaqafah. http://jurnal.usas.edu.my/gjat/index.php/journal/article/view/415

Azmi, N. (2019). Penerapan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan mufrodat (kosa kata) pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah. Eprints UNM. https://eprints.unm.ac.id/15356/

Hat, N. C., Zailaini, M. A., Hussin, Z., Noor, S. S. M., & ... (2022). Penilaian formatif perisian kursus pembelajaran kosa kata bahasa Arab bagi murid sekolah. Al-Qanatir: International. http://al-qanatir.com/aq/article/view/429

Ilmi, A. F. (2020). Media nyanyian dalam penguasaan kosa kata baru bahasa Arab pada siswa kelas rendah Madrasah Ibtidayah. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Pendidikan. https://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/139

Imanina, K. (2020). Penggunaan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dalam PAUD. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Pendidikan Anak Usia Dini. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3728

Jum’atiah, J. (2020). Pengembangan materi kosa kata bahasa Arab pada aspek kognitif. Idr UIN Antasari. https://idr.uin-antasari.ac.id/16710/

Kadariah, K., Thohari, A. H., & ... (2020). Multimedia interaktif "Belajar Kosa-Kata Bahasa Arab" sebagai media edukasi belajar bahasa Arab untuk anak SD kelas IV. Journal of Applied Multimedia and Networking. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAMN/article/view/1545

Khasanah, F., Annas, A., & ... (2022). Implementasi metode bernyanyi dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab siswa kelas X di MAN 1 Kudus. Borneo Journal of Education. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjle/article/view/6058

Maskor, Z. M. (2020). Penilaian pengetahuan kosa kata bahasa Arab dalam kemahiran menulis pelajar Sekolah Menengah Kebangsaan Agama (Doctoral dissertation). Fakulti Bahasa dan Linguistik.

Mukminin, A. (2020). Percepatan menghafal Al-Qur’an melalui pembelajaran kosa kata bahasa Arab. Lahjah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab. https://www.journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Lahjah/article/view/572

Nawi, M. Z. M. (2020). Arabic language program: Meningkatkan kosa kata, motivasi dan keyakinan dalam kalangan murid sekolah rendah kebangsaan melalui program bahasa Arab. Evaluation Studies in Social Sciences. http://ojs.upsi.edu.my/index.php/ESSS/article/view/6608

Nurwana, A., Purwanto, A., & ... (2022). Analisis perencanaan pengelolaan keuangan dalam proyek pembuatan rabat beton di kelurahan Mappadaelo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Precise Journal of Engineering and Technology. https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/precise/article/view/16

Puji, S. I. (2022). Implementasi media gambar dalam penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas III MI Al-Ahliyah Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Eprints UIN Saizu. https://eprints.uinsaizu.ac.id/13139/2/Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi/article/download/18/18

Sentiya, E., & Yuliani, H. (2024). Pendampingan dalam mengenalkan kosa kata bahasa Arab di TPA Al-Hakam Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 1–10. https://ejournal.stainupa.ac.id/index.php/alkhidmah/article/view/57%0Ahttps://ejournal.stainupa.ac.id/index.php/alkhidmah/article/download/57/56

Wardani, W., & Wassalwa, A. (2020). Implementasi game bahasa model uji pengetahuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab. Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Lahjah/article/view/575

Published

2024-10-14

How to Cite

Rendy Adrian, Emia Sentiya, Rosiana Latifah, & Vina Rahmawati. (2024). Pendampingan Dalam Mengenalkan Kosa Kata Bahasa Arab Terhadap Anak-anak di Desa Cempaka Mulia Barat Melalui Pojok Litrasi Islami Program Mahasiswa KKN. Ekspresi : Publikasi Kegiatan Pengabdian Indonesia, 1(4), 59–73. https://doi.org/10.62383/ekspresi.v1i4.360

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.