Pendampingan Dalam Mengenalkan Kosa Kata Bahasa Arab Terhadap Anak-anak di Desa Cempaka Mulia Barat Melalui Pojok Litrasi Islami Program Mahasiswa KKN.
DOI:
https://doi.org/10.62383/ekspresi.v1i4.360Keywords:
Community Service, Vocabulary, Arabic, Tutoring, KKNAbstract
This service aims to provide guidance in introducing Arabic vocabulary (mufrodat) to children in Cempaka Mulia Barat Village through the KKN Islamic Literacy Corner program. The method applied is descriptive qualitative. Activities began with observation, coordinating with the village and school, preparing facilities and infrastructure, conducting pretests, carrying out mentoring, and holding posttests. The mentoring was carried out using the reading, writing and memorization method for number vocabulary, and using the singing method for vocabulary related to places. The results showed that the children were very enthusiastic and motivated in learning Arabic vocabulary in preparation for continuing their education to a higher level.
References
Aluwi, A. M., & Ghani, M. T. A. (2023). Penguasaan kosa kata terhadap penulisan bahasa Arab dalam kalangan pelajar sekolah menengah agama Khairiah: Kajian daripada perspektif guru. Sains Insani. https://sainsinsani.usim.edu.my/index.php/sainsinsani/article/view/573
Aman, A. A., & Baharudin, H. (2019). Amalan pedagogi jurulatih utama bahasa Arab dalam pengajaran kosa kata peringkat sekolah kebangsaan di negeri Melaka: Pedagogical practices of main. Global Journal Al-Thaqafah. http://jurnal.usas.edu.my/gjat/index.php/journal/article/view/415
Azmi, N. (2019). Penerapan media audio visual dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan penguasaan mufrodat (kosa kata) pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah. Eprints UNM. https://eprints.unm.ac.id/15356/
Hat, N. C., Zailaini, M. A., Hussin, Z., Noor, S. S. M., & ... (2022). Penilaian formatif perisian kursus pembelajaran kosa kata bahasa Arab bagi murid sekolah. Al-Qanatir: International. http://al-qanatir.com/aq/article/view/429
Ilmi, A. F. (2020). Media nyanyian dalam penguasaan kosa kata baru bahasa Arab pada siswa kelas rendah Madrasah Ibtidayah. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Pendidikan. https://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/139
Imanina, K. (2020). Penggunaan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis dalam PAUD. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Pendidikan Anak Usia Dini. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/3728
Jum’atiah, J. (2020). Pengembangan materi kosa kata bahasa Arab pada aspek kognitif. Idr UIN Antasari. https://idr.uin-antasari.ac.id/16710/
Kadariah, K., Thohari, A. H., & ... (2020). Multimedia interaktif "Belajar Kosa-Kata Bahasa Arab" sebagai media edukasi belajar bahasa Arab untuk anak SD kelas IV. Journal of Applied Multimedia and Networking. https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAMN/article/view/1545
Khasanah, F., Annas, A., & ... (2022). Implementasi metode bernyanyi dalam meningkatkan kosa kata bahasa Arab siswa kelas X di MAN 1 Kudus. Borneo Journal of Education. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjle/article/view/6058
Maskor, Z. M. (2020). Penilaian pengetahuan kosa kata bahasa Arab dalam kemahiran menulis pelajar Sekolah Menengah Kebangsaan Agama (Doctoral dissertation). Fakulti Bahasa dan Linguistik.
Mukminin, A. (2020). Percepatan menghafal Al-Qur’an melalui pembelajaran kosa kata bahasa Arab. Lahjah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab. https://www.journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Lahjah/article/view/572
Nawi, M. Z. M. (2020). Arabic language program: Meningkatkan kosa kata, motivasi dan keyakinan dalam kalangan murid sekolah rendah kebangsaan melalui program bahasa Arab. Evaluation Studies in Social Sciences. http://ojs.upsi.edu.my/index.php/ESSS/article/view/6608
Nurwana, A., Purwanto, A., & ... (2022). Analisis perencanaan pengelolaan keuangan dalam proyek pembuatan rabat beton di kelurahan Mappadaelo Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Precise Journal of Engineering and Technology. https://jurnal.lamaddukelleng.ac.id/index.php/precise/article/view/16
Puji, S. I. (2022). Implementasi media gambar dalam penguasaan kosa kata bahasa Arab siswa kelas III MI Al-Ahliyah Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Eprints UIN Saizu. https://eprints.uinsaizu.ac.id/13139/2/Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf
Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi/article/download/18/18
Sentiya, E., & Yuliani, H. (2024). Pendampingan dalam mengenalkan kosa kata bahasa Arab di TPA Al-Hakam Palangka Raya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(01), 1–10. https://ejournal.stainupa.ac.id/index.php/alkhidmah/article/view/57%0Ahttps://ejournal.stainupa.ac.id/index.php/alkhidmah/article/download/57/56
Wardani, W., & Wassalwa, A. (2020). Implementasi game bahasa model uji pengetahuan untuk meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab. Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab. https://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/Lahjah/article/view/575
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ekspresi : Publikasi Kegiatan Pengabdian Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.