Kajian Literatur Konseling Kelompok Kunci untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial

Authors

  • Avrila Aura Sayyidhina Universitas Sriwijaya
  • Olivia Maharani Universitas Sriwijaya
  • Hany Natari Adha Universitas Sriwijaya
  • Defri Yani Universitas Sriwijaya
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.62383/realisasi.v2i2.600

Keywords:

Group counseling, group dynamics, literature review, psychological intervention, social skills

Abstract

Social skills are one of the important aspects for students' social life, especially in building healthy interpersonal relationships, and adapting to their school environment. However, some students experience difficulties in socializing both with peers and their school environment, which will have an impact on the lack of confidence in students and face social anxiety. Research was conducted to identify the effectiveness of group counseling in improving students' social skills. This research uses a literature review method using journals from the last 5 years. The result of this study is that group counseling is an effective intervention in improving students' social skills.

 

 

References

Aqib, Zainal. 2013. Konseling Kesehatan Mental. ke-1. Bandung: CV Yrama Widya.Bimbingan, Muthohharoh Prodi et al. “KETERAMPILAN KOMUNIKASI.” : 90–103.

Asmaida, & Darmayanti, N. (2024). Peran Konseling Kelompok untuk Pengembangan Diri Siswa: Studi Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(001). https://jurnaldidaktika.org

Fitriani, E., & Putri, R. F. (2022). Meningkatkan Hubungan Sosial Mahasiswa Dengan Layanan Konseling Kelompok. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 19(1), 9–17.

Gaho, J., Telaumbanua, K., & Laia, B. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), 1(2), 13–22. https://doi.org/10.57094/jubikon.v1i2.348

Habsy, B. A., Binarsia, I., Samcha, N. D., & Ratnawati, N. A. (2024). Membangun Kemampuan Sosial Melalui Penerapan Konseling Kelompok Adlerian untuk Mengatasi Perilaku Egosentris pada Remaja. Jurnal Inovasi Global, 2(4), 528–542. https://doi.org/10.58344/jig.v2i4.88

Haryanti, U., & Rahim, A. (2022). Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 8(1), 86–95.

Hasanah, E., Putri, A. M., Ganarsih, I., Delia, L., & Azzahra, A. (2024). Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Perkembangan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Negeri 60 Kota Bengkulu. JKIP: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 52–58.

Huda, K. (2016). Peningkatan Keterampilan Sosial Melalui Bermain Benteng- Bentengan (Penelitian Tindakan pada Kelas B TK Nurul Arafah NW, Desa Sambelia, Kec. Sambelia Tahun 2016). Jurnal Realita, 1(2).

Khasanah, U., Japar, M., & Lianasari, D. (2021). Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy (Cbt) Dengan Teknik Pengelolaan Diri Dan Kontrak Perilaku Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Remaja.

Kurnia, I. R., Cahyani, C., Fahrezzi, R., & Nugraha, R. (2024). Pentingnya Konseling Kelompok Dalam Layanan Konselor SDIT Permata Hati Bekasi, Kabupaten Bekasi Terhadap Peserta Didik Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak di Era Digital. HEMAT: Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 1(2), 819–828. https://doi.org/10.57235/hemat.v1i2.2833

Marianti, L., Rasmanah, M., & Ramadhan, M. V. (2024). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Social Concern Komunitas Generasi Cahaya Pintar. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 5(1), 294–306. https://doi.org/10.31943/counselia.v5i1.135

Minarni, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Keterampilan Sosial Siswa SMP Negeri Di Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 162–174.

Netral, L., & Putri, S. N. J. (2023). Konseling kelompok dengan Teknik Permainan Tradisional untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMA. KOPASTA, 2(10), 131–140.

Novialdi, A., & Telaumbanua, K. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Jurnal Education and Development, 9(02).

Pakpahan, F. D., Yakub, E., & Chairilsyah, D. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Dengan Teknik Assertive Training Pada Siswa SMPN Di Pekanbaru. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(2).

Rahmi, N., Hasibuan, U. M., Mumtazah Sipahutas, W., & Yulistadrifani Siregar, V. (2024). Efektivitas Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Remaja. Social Science and Contemporary Issues Journal, 2(1), 122–132. https://doi.org/10.59388/sscij.v2i1.494

Ratnasari, S., & Arifin, A. A. (2021). Teknik Assertive Training Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.31960/konseling.v2i2.802

Rohmaniati, A., Rosada, U. D., & Dahlan, U. A. (2023). Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Resiliensi Pada Remaja yang Terpapar Kekerasan atau Trauma.

Sari, P. A., Nurasiah, I., & Amalia, A. R. (2020). Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Model Make A Match Di Kelas Tinggi. JURNAL PERSADA, III(1), 36–40.

Siregar, Y. E. Y., Asworo, A. F. C., Susanto, J. E., Hasanah, L., Solehah, S. F., Komariyah, S., & Rahman, Y. A. (2025). Model Konseling Kelompok Berbasis Terapi Bermain Asosiatif untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa ABK. Esensi Pendidikan Inspiratif, 7(1). https://journalpedia.com/1/index.php/epi/index E

Trikayani & Dwi Noviarini. (2019). Efektifitas Konseling Kelompok Menggunakan Pendekatan Self Management Untuk Memperbaiki Hubungan Sosial Siswa Kelas XII TKJ B SMKS Nuris Jember. HELPER : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 36(2), 17–26. https://doi.org/10.36456/helper.vol36.no2.a2823

Ulum, C. (2019). Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 229–254. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.169

Utomo, P. (2021). Model Konseling Kelompok Berbasis Terapi Bermain Asosiatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa ABK. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 56–72. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i2.329

Yullianti, Y., Pebrianto, A., Angelica, A., & Nopitri, H. Z. (2023). Literatur Review: Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Interaksi Sosial Pada Siswa Yang Merasa Diasingkan. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 860–865. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1174

Zuhara, E. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 41. https://doi.org/10.22373/je.v6i1.8208

Downloads

Published

2025-04-29

How to Cite

Avrila Aura Sayyidhina, Olivia Maharani, Hany Natari Adha, Defri Yani, & Ratna Sari Dewi. (2025). Kajian Literatur Konseling Kelompok Kunci untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Realisasi : Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain, 2(2), 155–181. https://doi.org/10.62383/realisasi.v2i2.600

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 

You may also start an advanced similarity search for this article.