Analisis Ergonomi Biomekanik Dan Psikologi Kerja Pada Alat Permainan Edukatif Balok Susun Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak

Authors

  • Siti Alifah Susviani Universitas Mercu Buana
  • Ali Ramadhan Universitas Mercu Buana

DOI:

https://doi.org/10.62383/imajinasi.v2i2.607

Keywords:

Beam Stacking, Biomechanics, Ergonomics, Work Psychology

Abstract

Abstract Beam Stacking is an educational game tool that facilitates playing while learning. So this game makes it easier for children in the learning process. Analysis of biomechanical ergonomics and work psychology on building block educational game tools includes selecting the size and shape of blocks that are suitable for children, not dangerous for children, and playing methods that are able to improve children's fine motor skills, with narrative qualitative research, based on the results of observations of educational game tools. Beam Stacking; played by BKB PAUD An-Nur children. The body movements produced in playing with building blocks are dynamic movements, in the playing environment sitting on the floor with a mat and statistical movements, in the playing environment sitting in a chair with the game tools on the table. Where the moving fingers, wrists, hands, head and back can train the movement skills of both hands, hand-eye coordination, and improve children's physical and mental performance in learning activities at BKB PAUD An-Nur. Supervision and in-depth direction from the teacher when children play is the prevention of injuries when playing with Beam Stacking.

Keywords: Beam Stacking, Biomechanics, Ergonomics, Work Psychology

Abstrak Balok Susun adalah salah satu alat permainan edukatif yang memfasilitasi bermain sambil belajar.. Sehingga permainan ini memberi kemudahan kepada anak dalam proses pembelajaran. Analisis ergonomi biomekanik dan psikologi kerja pada alat permainan edukatif balok susun meliputi pemilihan ukuran dan bentuk balok yang sesuai untuk anak, tidak berbahaya bagi anak, dan metode bermain yang mampu meningkatkan kemampuan motrik halus anak, dengan penelitian kualitatif naratif, didasari hasil observasi alat permainan edukatif balok susun yang dimainkan oleh anak-anak BKB PAUD An- Nur. Gerak tubuh yang dihasilkan dalam bermain balok susun adalah gerak dinamis, pada lingkungan bermain duduk dilantai dengan alas tikar dan gerak statis, pada lingkungan bermain duduk dikursi dengan alat permainan diatas meja. Dimana jari-jari tangan, pergelangan tangan, tangan, kepala, dan punggung, yang bergerak dapat melatih keterampilan gerak kedua tangan, koordinasi indera mata dengan tangan, dan meningkatkan kinerja fisik dan mental anak dalam aktivitas pembelajaran di BKB PAUD An-Nur. Pengawasan serta pengarahan yang mendalam dari guru saat anak bermain, merupakan pencegahan cidera permainan balok susun.

Kata Kunci : Balok Susun, Biomekanik, Ergonomi, Psikologi Kerja

References

Adawiyah, R., & Windasari, I. W. (2023). Meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A melalui permainan susun balok bertekstur di PAUD Al-Firdaus Kareng Kidul Wonomerto Probolinggo. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 220–233.

Agustin, E. T., Fajriyatussa’adah, F., Rahmawati, I., & Solihah, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui APE Balok Susun Interaktif di Sekolah Alam Pangandaran. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(2), 149–161.

Agustina, S., & Nasirun, M. (2018). Meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui bermain dengan barang bekas. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–33.

Ahmad, N., Muhammad, M., Dyah, A. I., Bahauddin, M. A., & Ismawati, N. (2024). Gerakan Tubuh Manusia (Biomekanika dalam Olah Raga). Borneo Novelty Publisher.

Anderson, C. (2012). Makers: The new Industrial Revolution. Crown Publishing Group.

Andriani, H., & Siregar, T. J. (2023). Pengaruh permainan balok susun terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII." Pengaruh Permainan Balok Susun Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII. Supremum Journal of Mathematics Education, 7(2), 243–251.

Ardiyanto, H., & Widiyanto., W. (2019). Prinsip-prinsip biomekanika kualitatif: upaya menjembatani teori dan aplikasi dalam sport science. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 9(2), 54–62.

Astria, Nina, M. S., & Magta, M. (2015). Penerapan metode bermain melalui kegiatan finger painting untuk meningkatkan kemampuan motorik halus. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1), 1–11.

Azni, A. A. (2020). Pengaruh Media Permainan Balok Susun Terhadap Keterampilan Motorik Halus Siswa. DIALEKTIKA: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 10(1), 444–452.

Benos, L., Bechar, A., & Bochtis, D. (2020). Safety and ergonomics in human-robot interactive agricultural operations. Biosystems Engineering, 200(1), 55–72.

Gumilang, G. S. (2016). Metode penelitian kualitatif dalam bidang bimbingan dan konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).

Gusti, A, Y., & Margaretha P, M. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi, 9(3), 56-78.

Hasanah, H. (2017). Teknik-teknik observasi (sebuah alternatif metode pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Kurniati, E. (2017). Perkembangan bahasa pada anak dalam psikologi serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47–56.

MasÃ, E., Fatmawati, W., & Ajibta, L. (2009). Analisa Manual Material Handling (MMH) dengan Menggunakan Metode Biomekanika untuk Mengidentifikasi Resiko Cidera Tulang Belakang (Musculoskeletal Disorder)(Studi Kasus pada Buruh Pengangkat Beras di Pasar J. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 37–56.

Masri, A., & Sachari, A. (2015). Eksplorasi Material Berbasis Permainan Sebagai Pendekatan Berkreasi. Panggung, 25(3), 292–304. https://doi.org/10.26742/panggung.v25i3.25

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi keterampilan motorik halus anak. Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14–20.

Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 22(1), 65. https://doi.org/10.31445/jskm.2018.220105

Normina, H. (2014). Masyarakat dan Sosialisasi. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 12(22), 107–115. http://sharenexchange.blogspot.com/2010/02/sosialisasi-masyarakat_8061.

Nurliana, N., & Ulya, M. (2021). Pendidikan anak perspektif psikologi. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 56–67.

Pati, W. C. B. (2022). Pengantar Psikologi Abnormal: Definisi, Teori, Dan Intervensi. Penerbit NEM.

Ramadhan, A., Irfani, M. Y., & Sejati, M. N. (2024). Pengenalan Keilmuan Desain Produk Melalui Penerapan Desain Tempat Pensil Hasil Cetak 3 Dimensi Untuk Anak PAUD Di Kecamatan Cibodas Tangerang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(4), 881–898. https://doi.org/https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i4.917

Rochman, Taufiq, Z. A., & Astuti, R. D. (2015). Perbaikan Metode Kerja dengan Pendekatan Metode Rappid Upper Limb Assessment dan Biomekanika Operator Pemindah Peti Buah di Pasar Tradisional. Tekinfo: Jurnal Ilmiah Teknik Industri Dan Informasi, 4(1), 3–14.

Rukin, S. P. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Segita, R., Trianda, S. N., Syah, I., Proboyekti, D., Olyverdi, R., Munawarah, S., & Novita, Y. (2023). Biomekanik. Get Press Indonesia.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Subagyo, A., & Ip, S. (2020). Aplikasi metode riset: praktik penelitian kualitatif, kuantitatif & Mix methods. Inteligensia Media.

Suratman, A. (2017). Pengaruh iklim psikologi terhadap keterlibatan kerja melalui komitmen afektif pada pegawai pendidikan anak usia dini di kabupaten sukoharjo, jawa tengah. Efektif : Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 7(1), 1–21.

Tarwaka, T., & Bakri, S. H. A. (2016). Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Uniba Press.

Winarsunu, T. (2024). Psikologi keselamatan kerja. UMM Pres.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 92–111.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Siti Alifah Susviani, & Ramadhan, A. (2025). Analisis Ergonomi Biomekanik Dan Psikologi Kerja Pada Alat Permainan Edukatif Balok Susun Dalam Meningkatkan Motorik Halus Anak. Imajinasi : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 2(2), 27–45. https://doi.org/10.62383/imajinasi.v2i2.607

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.