Perancangan Iklan Komersil CV. Matiinu Berdikari Berbasis Animasi 2D

Authors

  • Muhammad Iqbal Erfand Universitas Negeri Padang
  • Syafei Syafei Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.62383/imajinasi.v1i4.409

Keywords:

printing, animation, commercial advertising, frame by frame

Abstract

CV. Matiinu Offset is a printing company located in the city of Pekanbaru, on Jalan Nenas which has a lot of competition. When the Covid-19 pandemic occurred, many companies, business people, take-out shops, entrepreneurs and others experienced a decline in turnover, including printing companies. Therefore, the author wants to help CV printing companies a little. Matiinu Offset to start rising again, one of which is by making 2D animation as a commercial advertisement to help the development of CV. Offset Matiinu. The manufacturing method is frame by frame, which is a method for creating the illusion of movement using an arrangement of several different images in each frame. Frame animation is a very simple form of animation that displays a sequence of images that alternate quickly.

References

Aisyah, I. (2021). Tinjauan aktivitas sosial media marketing Instagram pada Mpone Stationery di Lampung tahun 2021. e-Proceeding of Applied Science, 7(5), Oktober 2021. Diambil dari https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/15454/15168.

Alhuda, A. F. (2020). Perancangan animasi dua dimensi sebagai media promosi produk Wild Child Semarang mahasiswa seni rupa FBS UNS. Laporan Penelitian. Universitas Negeri Semarang.

Dnyana, P. (2019). Perancangan film animasi pendek 2D sebagai media kampanye penanganan anxiety disorder. Jurnal Bahasa Rupa, 1(2), April 2019. Diambil dari https://jurnal.instiki.ac.id/index.php/jurnalbahasarupa/article/download/368/128/1219.

Firmansyah, A., & Kurniawan, M. P. (2013). Pembuatan film animasi 2D menggunakan metode frame by frame berjudul "Kancil dan Siput". Jurnal Ilmiah DASI, 14(4), Desember 2013. Diambil dari https://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/download/167/153.

Hadikurniawati, E., Nurraharjo, E., & Wiwien. (2015). Implementasi frame by frame animation technique pada aktivitas game ‘Tebak’ berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 20(6).

Kaawoan, N. Y., Tawas, H. N., & Kawet, R. C. (2022). Pengaruh keragaman produk, persepsi harga, dan strategi promosi terhadap keputusan pembelian konsumen (studi pada produk Minimal Ladis di Matahari Megamall Manado). Jurnal EMBA, 10(2), April 2022. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/40049/36401.

Mutowinangun, K. (2019). Pengaruh strategi promosi terhadap peningkatan penjualan di CV. Jaya Perkasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Co-Management, 1(2), Juni 2019. Diambil dari https://journal.ikopin.ac.id/index.php/comanagement/article/download/162/124/605.

Nurraharjo, E. (2015). Implementasi frame by frame animation technique pada aktivitas game ‘Tebak’ berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 20(6).

Pratama, I. D., Sumarwan, U., & Wiranto, H. (2016). Advertising avoidance pada iklan di media televisi. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, 2(1), Januari 2016. Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/230423404.pdf.

PrintGraphic. (2020, 12 April). Pandemik Covid-19 menjadi ujian berat bagi pengusaha bidang percetakan. Print Graphic, 1.

Purnawan, R. A., & Aryati, P. P. (2018). Pengaruh kreativitas iklan terhadap keputusan pembelian pada Matahari Departemen Store Kota Sukabumi. Jurnal Ekonomedia, 7(1), Juni 2018. Diambil dari https://jurnal.stiepasim.ac.id/index.php/ekonomedia/article/download/140/86/185df.

Rahmadhannik, S. (2018). Penciptaan film animasi 2D "The Awakening Lullaby". Tugas Akhir, ISI Yogyakarta.

Sobri, M., & Meilantika, M. (2022). Film animasi dampak pengguna gadget berlebihan SD N 57 OKU menggunakan Adobe Flash CS6. JTIM, 5(1), Juni 2022. Diambil dari https://journal.unmaha.ac.id/index.php/jtim/article/download/123/111.

Supu, L. P., Lumanauw, B., & Poluan, J. G. (2021). Pengaruh harga produk, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk smartphone Samsung di Manado. Jurnal EMBA, 9(3), Juli 2021. Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/download/35083/32865.

Ulfa, A. (2013). Perancangan media promosi program studi desain komunikasi visual Universitas Negeri Padang berbasis animasi. Diambil dari http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browser&mod=viewarticle=101063.

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

Muhammad Iqbal Erfand, & Syafei Syafei. (2024). Perancangan Iklan Komersil CV. Matiinu Berdikari Berbasis Animasi 2D. Imajinasi : Jurnal Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 1(4), 40–48. https://doi.org/10.62383/imajinasi.v1i4.409